Jejak Kartini

Monumen Ari-Ari Kartini adalah tempat plasenta Kartini yang terdapat di Desa Pelemkerep, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara. Monumen itu berada di samping kantor kecamatan (dulu kantor wedana). Monumen serupa bunga teratai itu berada di atas tanah tak terlalu luas. Di monumen itulah, ari-ari atau plasenta Kartini ditanam. Monumen Kartini sangat sederhana. Hanya ada monumen, sumur, dan tugu penanda tempat dia dilahirkan.

Museum Kartini adalah museum yang terletak di kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Museum ini didirikan pada 30 Mac 1975 pada masa pemerintahan Bupati Soemarno Djojomardowo sementara peresmiannya dilakukan pada 21 April 1977 oleh Bupati Soedikto. Museum ini terdiri dari 3 buah gedung yang apabila dilihat dari atas gedung – gedung tersebut berbentuk huruf K,T, dan N yang merupakan singkatan dari KARTINI.

Jepara sejak dulu sudah dikenal dengan julukan kota ukir. Salah satunya ada di Desa Mulyoharjo.

Lawatan ke Kantor Kabupaten Jepara (Pendopo Kabupaten) – Kamar Pingitan Kartini

Tugu Kartini adalah sebuah tugu atau monumen yang sering dipakai sebagai simbol atau lambang dari kota Jepara. Tugu Kartini yang berbentuk Patung R.A Kartini dengan tangan kanan memegang obor menjulang tinggi dan tangan kiri menggandeng seorang gadis dengan ditangan kiri gadis itu memegang sebuah buku. Memberikan makna bahwa dia adalah salah satu pahlawan yang mengangkat strata wanita khususnya kalangan jelata yang pada zaman feodalisme notabene hanya berkutat dengan masalah dapur. 

Musium Kamar Pengabadian R.A.Kartini berada di Desa Kutoharjo Kecamatan Rembang jarak 300 M dari pusat kota Rembang yang menempati salah satu ruangan Rumah Dinas Bupati. Banyak wisatawan yang berkunjung di sana samping mengenang sejarah pahlawan wanita ini yakni R.A. Kartini dan sejarah peninggalannya yakni: Tulisan asli Kartini, Kamar pengabadiannya dimana kamar tersebut sebagai tempat untuk memperjuangkan Emansipasi wanita sehingga sampai dia diberi gelar Pahlawan Wanita, sebagai lukisan R.A. Kartini dari putra satu-satunya yakni RM Susalit.

Muzium Perahu Kuno ini mempunyai kapal yang berasal dari sekitar abad ke 7 dan 8 setara dengan pembangunan Candi Borobudur. Ini adalah penemuan kapal kayu yang paling komplit dan bisa jadi yang tertua di Indonesia!

Mesjid Menara Kudus adalah masjid kuno yang dibangun oleh Sunan Kudus sejak tahun 1549 Masehi (956 Hijriah). Keunikan dari masjid ini adalah  memiliki menara yang serupa bangunan candi serta pola arsitektur yang memadukan konsep budaya Islam dengan budaya Hindu-Buddhis sehingga menunjukkan terjadinya proses akulturasi dalam pengislaman Jawa.

Masjid Agung Demak adalah salah satu masjid tertua di Indonesia, terletak di pusat pekan Demak, Jawa Tengah, Indonesia. Masjid ini dipercayai dibinakan oleh Wali Songo (sembilan ketua keagamaan) sewaktu pemerintah pertama Kesultanan Demak, Raden Patah sewaktu abad ke-16.

Lawatan ke Candi Gedung Songgo yang terletak di lereng Gunung Gunongan. Pendakian ini boleh juga dilakukan dengan menunggang kuda naik ke Gunung Songo.

Pantai Bandengan nama yang cukup unik di kawasan Jepara. Dimana pantai ini menjadi satu diantara beberapa pantai kebanggaan warga Jepara. Tempat ini menjadi pilihan utama bagi setiap keluarga untuk menghabiskan hari libur mereka. Air nya yang tenang, membuat hati terasa tenang dan damai untuk berlama-lama disini.

24 - 28 JULAI 2020

TRIP BIASA
Ground : RM 1,330
All - in : RM 1,930